Sabtu, 07 Oktober 2017

Ramalan penjualan yang efektif dan efisien

Tags

RAMALAN PENJUALAN  (FORECASTING)

Beberapa pengertian dari peramalan penjualan antara lain :
v  Peramalan penjualan adalah perkiraan atau proyeksi secara teknis permintaan konsumen potensial untuk suatu waktu tertentu dengan berbagai asumsi.
v  Peramalan penjualan adalah perkiraan mengenai sesuatu yang belum terjadi .
v  Peramalan penjualan adalah Budget yang berisi taksiran-taksiran tentang kegiatan-kegiatan perusahaan dalam jangka waktu tertentu yang akan datang,serta berisi taksiran-taksiran tentang keadaan atau posisi financial perusahaan pada suatu saat yang akan datang.
        Pada umumnya hasil dari suatu peramalan penjualan akan dikonversikan menjadi rencana penjualan dengan memperhitungkan berbagai hal berikut :
    a.) Pendapat manajemen
    b.) Strategi-strategi yang direncanakan
    c.) Keterkaitan dengan sumber daya
    d.) Ketetapan manajemen dalam usaha mencapai sasaran penjualan
        Dengan adanya peramalan penjualan produk di suatu perusahaan,maka manajemen perusahaan tersebut akan dapat melangkah kedepan dengan lebih pasti.Atas dasar peramalan penjualan yang disusun ini manajemen perusahaan akan dapat memperoleh gambaran tentang keadaan masa depan perusahaan. Gambaran keadaan penjualan pada waktu yang akan datang ini sangat penting bagi manajemen perusahaan, karena kebijakan perusahaan akan sangat dipengaruhi oleh besarnya penjualan produk perusahaan tersebut.
Hubungan Peramalan dengan Rencana
     Peramalan bukan merupakan rencana. Peramalan adalah tentang apa yang akan terjadi pada waktu yang akan datang sedang rencana merupakan penentuan apa yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang. Peramalan penjualan menjadi suatu alat yang dapat mempengaruhi manajer dalam membuat perencanaan penjualan.Dalam rencana penjualan,perusahaan memasukkan keputusan manajemen berdasar hasil ramalan,masukkan lain dan kebijakan manajemen tentang hal-hal yang berkaitan (contoh volume penjualan, harga,usaha penjualan,produksi,dan biaya-biaya)
Pengaruh Kebenaran Asumsi
     Asumsi mempunyai pengaruh terhadap ketepatan peramalan yang dibuat.Jika asumsi yang dibuat tepat atau mendekati kenyataan,maka forecast yang dihasilkan juga akan mendekati kebenaran,sebaliknya jika asumsinya tidak tepat akan menyebabkan forecast yang dihasilkan akan mengalami penyimpangan.


Fungsi  Peramalan Penjualan :
§  Menentukan apa yang dibutuhkan untuk perluasan pabrik
§  Menentukan perencanaan lanjutan bagi produk - produk yang ada untuk dikerjakan dengan fasilitas - fasilitas yang ada
§  Menentukan penjadwalan jangka pendek produk - produk yang ada untuk dikerjakan berdasarkan peralatan yang ada
 Faktor yang Mempengaruhi Peramalan Penjualan :
Ø  Jika suatu produk yang mempunyai pola permintaan yang bervariasi atau mempunyai pola permintaan siklis, maka pola permintaan yang dibuat harus mencakup paling sedikit satu pengulangan siklis.
Ø  Jika permintaan yang diharapkan mempunyai pola jangka panjang yang menaik, maka perlu membuat peramalan yang mencakup suatu interval waktu yang cukup untuk memungkinkan perencanaan perluasan fasilitas atau pengadaan peralatan yang diperlukan, yang akan bervariasi mulai dari beberapa bulan sampai beberapa tahun. Tetapi jika pola permintaan menurun maka periode waktu dari peramalan harus panjang untuk memungkinkan pembuatan rencana yang baik.
Ø  Jika suatu produk mempunyai sifat sedemikian rupa sehingga kebutuhan terhadap produk tersebut mendekati konstan dari suatu periode ke periode lain, maka peramalan yang dibuat cukup untuk jangka waktu yang relatif pendek.
 Jenis - Jenis Peramalan Penjualan :
o   Secara Subjektif, adalah peramalan yang didasarkan atas perasaan atau intuisi dari orang yang menyusunnya. Peramalan ini biasanya dilakukan oleh para ahli atau pejabat-pejabat yang erat hubungannya dengan bidang pemasaran.

o   Secara Objektif, adalah peramalan yang didasarkan atas data yang relevan pada masa lalu, dengan menggunakan teknik - teknik dan metoda - metoda dalam penganalisaan data. Salah satu metode yang sering digunakan adalah "Times Series".Dengan peramalan ini kemungkinan terjadi penyimpangan terhadap hasil peramalan relatif lebih sedikit jika dibandingkan dengan peramalan subjektif.


EmoticonEmoticon